Translate Yuk

!-- Google Translate Element -->
Welcome To My Blog :-)

Pages

Macam-macam CMS Open Source

1. Drupal
Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website.

Meskipun menurut beberapa pengembang Drupal dibilang cukup sulit untuk pengguna baru, namun dengan berbagai keunggulannya, Drupal merupakan salah satu CMS terbaik. Bahkan, Kemampuannya tidak sekedar sebagai CMS, namun, dengan API-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai Framework dalam membangun aplikasi berbasis Web CMF.

2. Joomla
Joomla! adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti “kebersamaan”.

Joomla versi awal yaitu 1.0.0 merupakan versi alias dari Mambo 4.5.2.3 yang dikembangkan oleh “Pengembang Inti Mambo hingga Agustus 2005″ yang hengkang dari Mambo.

3. WordPress
CMS terpopuler saat ini? WordPress! Tidak terbantah lagi kalau CMS yang satu ini digunakan oleh begitu banyak website terutama web-blog, CMS ini cocok sekali digunakan untuk website berbasis news atau berita. Kesederhanaan administrator sidenya membuat CMS ini sangat fasih digunakan untuk pemula sekalipun. Kemampuan templatingnya sangat digemari juga karena sangat mudah dimengerti.

Mengejutkan ketika sekarang wordpress dengan pluginsnya yang berkembang pesat sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan CMS corporate bahkan digunakan sebagai simple shoping chart. Kelebihan lain dari CMS ini sangat mudah dioptimasi menjadi sebuah website yang search engine friendly dengan tag sistemnya, friendly url, custom meta, auto ping, sitemap dan rss-nya. Penggunaan CMS ini kami sangat sarankan untuk website berskala kecil atau website berbasis berita dan weblog.

1. b2evolution
b2evolution is a blog script featuring multiple blogs, categories/sub-categories, skins, search function, multiple languages, search engines friendly URLs.


2. phpWebSite
phpWebSite is a very powerful Content Management System with document manager, announcements, menu manager, photo album, block maker, FAQ, web pages maker, polls, information categorizer, calendar, link manager, form generator.

3. phpBB
phpBB is a widely-popular open-source bulletin-board package, works well, simple user interface and admin panel, clean look, scales well, and can be customized.


4. Simple Machines
SMF (Simple Machines Forum) Elegant. Effective. Powerful. Free. SMF is all of the above. SMF is a next-generation community software package and is jam-packed with features, while at
the same time having a minimal impact on resources.

5. Coppermine
Coppermine is an Image Gallery system featuring categories and albums, thumbnails and intermediate size pics, search feature, new and random pictures, user management (private galleries, groups), user comments, e-cards feature, slideshow viewer.

sumber : <a href="http://bolangunix.co.cc/macam-macam-cms-open-source/"></a>

0 komentar:

Posting Komentar

Thank You For Visiting